Map8NqxdLWV8NaJ8NqZ9NaJ5LTcsynIkynwbzD1c

5 Cara Mengatasi Gugup Dalam Presentasi

BLANTERLANDINGv101
7952708153452043488

5 Cara Mengatasi Gugup Dalam Presentasi

Minggu, 09 September 2018
“If I don’t train enough, of course I’m nervous.“

Haile Gebrselassie

Sebagai seorang Motivator Indonesia | Trainer Terbaik | Coach dalam bidang Bisnis, tentu saja berbicara di depan umum adalah suatu keharusan untuk tampil percaya diri dan memukau mereka yang mendengarkannya.

Lalu bagaimana jika bukan seorang Motivator Indonesia | Trainer Terbaik | Coach dalam bidang Bisnis, seperti misalnya Guru | Sales | Manajer | Leader? Tentu saja kemampuan ini sangat perlu untuk menyampaikan ide – gagasan atau pemikiran. 

Tapi bagaimana jika Anda mengalami gugup dalam melakukan presentasi? Ada 5 cara mengatasi gugup dalam presentasi? Gugup dimulai dengan sedikit gemetar di dalamnya. Kemudian tekanan bertambah. Sebuah tangan atau kaki mulai gelisah misalnya. Telapak tangan menjadi lembab dan Anda mulai merasa tidak lagi menyukai diri Anda lagi. Ketenangan batin yang Anda rasakan telah melayang keluar jendela.
 
Jadi apa yang bisa Anda lakukan pada saat gugup ini?
Tentu saja bagi Anda seorang Motivator Indonesia | Trainer Terbaik | Coach dalam bidang Bisnis, mengatasi kegugupan ini sudah biasa teratasi, lalu bagaimana jika mereka adalah Guru | Sales | Manajer | Leader? Pasti memiliki perasaan yang bercampur aduk hingga konsentrasi mulai berkurang dan apa yang Anda sampaikan tidak sesuai dengan apa yang Anda diharapkan.
Ada 3 manfaat ketika kita bisa mengelola rasa takut menjadi keberanian dan kepercayaan diri yaitu :
  1. Memberikan tingkat kepercayaan diri pada saat melakukan presentasi
  2. Karir meningkat ketika Anda mampu melakukan presentasi yang elegan dan memukau 
  3. Penjualan meningkatkan ketika presentasi pada prospek dibawakan dengan benar
Tetapi pendekatan yang lebih baik lagi adalah pengalaman saya dalam menemukan strategi dan mengembangkan kebiasaan yang membantu saya mengatasi tantangan ini dengan cara yang lebih baik. Inilah 5 cara mengatasi gugup dalam Presentasi yaitu :

1.       Siapkan diri sebelum melakukan presentasi
Melakukan persiapan Anda tepat pada waktunya dan jangan pada saat terakhir Anda lakukan persiapan dengan baik – tanpa berusaha melakukannya dengan sempurna – daripada sedikit sembarangan membuat perbedaan besar. Anda akan merasa lebih yakin pada diri sendiri dan rileks tentang apa yang akan Anda lakukan.

2.        Tanyakan pada diri Anda “apa hal terburuk yang bisa terjadi jika Anda gugup?”
Pertanyaan ini telah membantu saya berkali-kali untuk tenang dan berhenti membangun gunung dari gundukan tanah yang membuat gejolak kegugupan dan mampu meredam kegugupan tersebut pada persiapan yang matang.

3.        Visualisasikan dengan cara yang positif
Sangat mudah terjebak dalam visualisasi negatif biasa dan kebiasaan di benak Anda tentang bagaimana situasinya yang akan berjalan. Jadi Anda menjadi sangat gugup.
Membiarkan diri Anda untuk melihat hal-hal dengan cara yang positif.
Begini caranya:
  • Berbaringlah di tempat tidur Anda atau duduklah di tempat yang nyaman. Tutup mata Anda.
  • Dalam pikiran Anda, lihatlah betapa hebat situasinya akan terungkap – lihat dan dengar – dan juga betapa hebatnya perasaan Anda pada pertemuan ini. Lihatlah diri Anda bersikap positif, terbuka dan bersenang-senang dengan senyum di wajah Anda. Dan lihat hasil bagus yang Anda inginkan dalam pikiran Anda.
  • Kemudian lepaskan dengan memvisualisasikan bahwa hal itu telah terjadi, bahwa pertemuan selesai dengan hasil yang diinginkan.
4.        Pernafasan
Beberapa menit sebelum Anda masuk ke situasi yang membuat Anda gugup cobalah untuk melakukan pernafasan dan pernafasan yang baik adalah dilakukan melalui mulut bukan dari dada. Dan kegugupan dirasakan ketika Anda kekurangan oksigen.

5.        Katakan pada diri sendiri bahwa Anda bersemangat
Memanfaatkan energi gugup menjadi sesuatu yang akan membantu Anda. Jika Anda tidak dapat meminimalkan kegugupan dalam beberapa situasi dengan mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda senang dengan pertemuan tersebut, untuk presentasi atau pun keperluan lainnya yang di dukung dengan kemampuan Public Speaking. Ini membantu Anda mengubah perspektif tentang apa yang terjadi di dalam diri Anda dan saya telah menemukan bahwa ini membantu saya untuk mendapatkan dorongan antusiasme.

Yuk, ngobrol bersama saya? Klik Disini
Salam Inspirasi,
 Coach Haikal Rusli
BLANTERLANDINGv101

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang